Friday 30 November 2012

ANALISIS INFERENSI


Tulisan yang dikaitkan 'Inferensi'

Inferensi Statistik

Inferensi statistik adalah pengambilan kesimpulan tentang parameter populasi berdasarkan analisa pada sampel. Beberapa hal yang perlu diketahui berhubungan dengan inferensi statistik iaitu estimasi titik, estimasi interval dan uji hipotesis. Estimasi titik adalah menduga nilai tunggal parameter populasi. Estimasi Interval adalah menduga nilai parameter populasi dalam bentuk interval.
Uji hipotesis adalah suatu proses untuk menentukan apakah dugaan tentang nilai parameter /karakteristik populasi didukung kuat oleh data sampel atau tidak.
Hipotesis dalam inferensi statistik dibezakan menjadi hipotesis nol (Ho), iaitu hipotesis yang akan diuji oleh suatu prosedur statistik, biasanya berupa suatu pernyataan tidak adanya perbezaan atau tidak adanya hubungan, dan hipotesis alternatif (H1), iaitu hipotesis yang merupakan lawan dari Ho biasanya berupa pernyataan tentang adanya perbezaan atau adanya hubungan, yang selanjutnya digunakan untuk menunjukan bahwa pernyataan mendapat sokongan kuat dari data.
Tahap-tahap uji hipotesis secara umum, iaitu:
1. Tentukan model probabiliti yang betul dari data,
2. Tentukan hipotesis Ho dan H1,
3. Tentukan statistik penguji,
4. Tentukan tingkat signifikan,
5. Tentukan daerah kritik berdasarkan tingkat signifikan,
6. Hitung statistik penguji,
7. Alternatif, hitung p-value berdasarkan statistik penguji, dan
8. Ambil kesimpulan berdasarkan poin 6 dan 7.

 

Statistik: Sejarah dan Makna

Sejarah Singkat Statistik
Penggunaan metod statistik dalam penelitian ilmiah dirintis pertama kali oleh F. Galton sejak tahun 1880 iaitu penggunaan korelasi dalam penelitian biologi. Akhir abad 19 Karl Pearson mempelopori penggunaan metod statistik dalam pelbagai penelitian biologi dan pemecahan masalah yang bersifat sosio-ekonomis. Pada tahun 1918-1935, R. Fisher memperkenalkan Analisis Variasi ke dalam literatur statistik. Sejak saat itu penggunaan statistik semakin meluas dari bidang biologi dan pertanian ke bidang-bidang lainnya.

Erti Statistik
Statistik diambil dari bahasa latin “status” yang bererti negara. Statistik bererti keterangan-keterangan yang diutarakan negara dan berguna bagi negara. Statistik hanya dikaitkan dengan pengajian fakta-fakta dan angka-angka tentang situasi perekonomian, kependudukan dan politik di suatu negara.
Contoh:
Statistik tenaga kerja
Statistik produksi pertanian
Sebagai suatu disiplin ilmu Statistik adalah sekumpulan konsep dan metod tentang pengumpulan, pengajian, analisis dan interprestasi data kuantitatif bidang kegiatan tertentu dan pengambilan kesimpulan dalam situasi dimana ada ketidakpastian dan variasi.
Jika yang dibahas hanya terbatas pada pengumpulan, pengajian dan analisis data, dinamakan statistik deskriptif. Namun demikian, jika semua dibahas dengan penekanan pada interprestasi data dan pengambilan kesimpulan disebut statistik induktif atau statistik inferensi.




2 comments:

  1. Tajuk-tajuk perlu disusun dengan sistematik supaya sudah difahami oleh pembaca. Susunan dalam nota kuliah saya sudah ada dan ikut susun tersebut sahaja. TQ

    ReplyDelete
  2. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    At least 160 thousand men and women are utilizing a simple and secret "water hack" to drop 1-2lbs each and every night as they sleep.

    It is very easy and works with anybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Grab a clear glass and fill it up with water half full

    2) And now learn this awesome hack

    so you'll become 1-2lbs skinnier when you wake up!

    ReplyDelete